Tentang Rekam Jejak

RekamJejak merupakan sebuah platform digital berupa website dan aplikasi yang dikembangkan Indonesia Corruption Watch (ICW)  dengan didukung oleh Tifa Foundation. Melalui platform ini, kami menyajikan informasi seputar rekam jejak pejabat publik dan calon pejabat publik.

Di 2019, Rekam Jejak fokus menginformasikan rekam jejak Anggota DPR RI 2014-2019, khususnya seputar topik korupsi. Pada pemilu 2019 yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada 17 April 2019, lebih dari 90% anggota DPR RI ini kembali maju sebagai caleg 2019-2014.

Nah, Rekam Jejak juga dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan informasi bagi publik untuk mengevaluasi dan menilai apakah wakil mereka di Senayan ini layak dipilih kembali atau tidak.

Mengapa memuat rekam jejak anggota DPR RI atau caleg DPR RI petahana? Singkatnya, karena mereka sudah pernah diberi mandat oleh pemilih pada pemilu sebelumnya sehingga penting pemilih melakukan evaluasi.

Fokus pada topik korupsi dipilih karena korupsi merupakan persoalan yang banyak mengemuka di legislatif kita. Bayangkan, sudah ada 22 anggota DPR RI 2014-2019 yang ditetapkan sebagai TERSANGKA korupsi oleh KPK! Diantaranya adalah Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, dan anggota dewan sekaligus Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy.

Padahal, kita semua bercita-cita mempunyai lembaga legislatif yang lebih bersih. Jangan lupa, wakil kita di DPR RI mengemban tugas, wewenang, fungsi yang sangat strategi, mulai dari perumusan kebijakan hingga pemilihan pimpinan lembaga negara, seperti Kapolri, KPK, KPU, Bawaslu, dll.

Kedepannya, kami akan terus mengembangkan RekamJejak.net menjadi pusat data dan informasi anggota DPR RI terpilih dan pejabat publik lainnya di berbagai sektor.



17 April 2019 nanti kita tidak hanya akan memilih Presiden dan Wakil Presiden melainkan juga anggota legislatif, mulai dari tingkat kabupaten/ kota, provinsi, hingga nasional. 89% anggota DPR RI 2014-2019 kembali dicalonkan kembali oleh partai politiknya. Tahukah kalian bagaimana rekam jejak mereka selama ini? Ayo, kenali dan evaluasi dulu sebelum menentukan pilihan.

Alamat

Jl. Kalibata Timur IV/D No. 6

(+62) 21 7901885 / 7994015

(+62) 21 7994005

rekamjejak@antikorupsi.org

Indonesia Corruption Watch

Kunjungi Sekarang